Arti kerja sama

Kerja sama itu apa c sebenarnya??menurut aku, kerja sama itu  sesseorang yang saling membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan yang sama. Emang kalau yg namanya Kerjasama itu  emang gampang untuk kita mengatakannya cuma tidak gampang untuk mengimplementasikannya, untuk mengubah pola pikir orang itu emang susah, harus ada persamaan antara visi,misi serta komitment untuk pelaksanaannya..bettuul gak.???..

Kerjasama adalah sebuah kata yang sangat sering kita dengar dan sangat akrab di telinga kita. Kata kerjasama itu gabungan dari kata kerja dan sama, naah yang berarti bekerja secara bersama-sama dalam mengerjakan sesuatu dan mencapai suatu tujuan. Terkadang kerjasama itu hanya sebagai bagian yang remang-remang antara ada dan tiada, bila dilihat dari kejauhan makna kerjasama sangat jelas di mata dan pikiran kita, namun setelah kita mendekati perlahan-lahan kerjasama itu semakin menjauh, dan mungkin menghilang. Hal tersebut disebabkan oleh salahnya penempatan nilai saling menghormati dalam tatanan kehidupan. Tanpa disadari kalimat ah, gak enak, ah, nanti tersinggung, ah, nanti sadar sendiri, dan mungkin masih banyak ah, nanti ah, nanti yang lain.

Dalam kenyataannya dengan adanya kalimat-kalimat tersebut, seharusnya sebuah tujuan yang telah direncanakan secara matang, terkadang berhari-hari, berbulan-bulan dan mungkin bertahun-tahun akan kandas di tengah jalan. Tentunya dalam benak kita muncul sebuah jawaban yang sama yaitu lambat laun karena tidak adanya kesamaan persepsi dalam menghadapi sebuah permasalahan yang dihadapai, maka komunikasi antara kedua belah pihak akan terputus,dan buntut2 nya mungkin salah satu pihak akan munduur.  Tapi tampaknya ada cara Untuk mengatasi problem-problem tersebut, yg dapat menjadikan kerjasama dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang telah disepakati oleh dua orang atau lebih tersebut.  ada 3 point dlm kerjasama 3 S pertama saling terbuka, kedua saling mengerti, dan ketiga saling menghargai ,saling terbuka.

Dalam sebuah tatanan kerjasama yang baik harus ada komunikasi yang komunikatif antara dua orang yang bekerjasama atau lebih. Oleh karena itu sebelum terjadinya sebuah tindakan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang sedang dihadapi, setiap orang yang terlibat dalam tatanan kerjasama harus mengemukakan pendapatnya, dengan pengertian maunya apa dan mau dibawa kemana permasalahan itu nanti dan harus adanya kejelasan pembagian tugas yang harus diemban oleh setiap orang yang terlibat dalam kerjasama tersebut. Agar prinsip ini selalu terjaga maka prinsip ini harus selalu dipertahankan, selama proses penyelesaian suatu permasalahan, karena permasalahan akan muncul pada saat suatu bentuk kerjasama sedang terlaksana.

Kedua saling mengerti, kerjasama berarti dua orang atau lebih bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan, dalam proses tersebut, tentu ada salah satu yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi. Salah seorang yang terlibat dalam menyelesaikan masalah tersebut harus memahami, bahwa dia telah melakukan suatu bentuk upaya dalam menyelesaikan permasalahan, jangan sampai terlintas dalam benaknya buruk sangka yang mengakibatkan ketidak percayaan dan kegagalan kerjasama. Sebaliknya orang yang telah melakukan kesalahan harus cepat sadar, bahwa dia masih dibutuhkan oleh orang lain.

Ketiga, saling menghargai, bagian ini merupakan bagian yang sangat-sangat urgen dalam setiap bentuk aktivitas sehari-hari manusia.

Keikhlasan semata-mata bekerja untuk tujuan yang akan dicapai, tidak ada rasa ingin dihormati, dihargai, tidak ada yang merasa memerintah, atau yang diperintah..Dan visi atau pola pikirnya teamworknya harus berbunyi SAYA SIAP DIMANFAATKAN, agar setiap orang dalam teamwork bermanfaat,
bayangkan kalo setiap orang bisa bermanfaat dalam Team???!!!!!!…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: