Manfaat dan Cara Yang Benar Minum Air Putih

Tubuh kita terdiri dari sebagian besar air. Berdasarkan fakta yang didapat :
Otak mengandung 74% air,
darah mengandung 92% air,
ginjal 82%
otot 75% air
dan tulang 22%

Para ahli setuju air merupakan salah satu bentuk pengobatan paling kuat dan mujarab. Jadi kenapa kebanyakan orang tidak minum cukup air?

  • 10 Manfaat Air untuk kesehatan tubuh :

1. Air mencegah batu ginjal.
Penyebab paling umum dari batu ginjal adalah tidak minum cukup air. Air melarutkan zat yang membentuk batu di urine. Minum 12 gelas per hari membantu mengobati batu ginjal.

2. Air mencegah infeksi saluran kemih.
Semakin banyak minum, maka akan semakin sering kencing. “Minum banyak air akan membantu flush out bakteri berbahaya dari kandung kemih Anda,” kata Medical City spesialis ginjal Dr Roberto Tanchanco.

3. Air membantu pasien diare dengan mencegah dehidrasi.
Sebagai bantuan pertama untuk diare, kita dapat membuat larutan rehidrasi oral (oralit) sendiri di rumah. Campuran segelas air dengan 2 sendok teh gula dan ¼ sendok teh garam. Hal ini sama dengan dengan solusi dekstrosa di rumah sakit.

4. Air membantu mengurangi demam.
Untuk gejala flu, air dapat membantu menurunkan suhu tubuh ketika buang air kecil. Jika sakit, minum air lebih banyak akan membantu pulih lebih cepat.

5. Air membantu mengobati batuk dan pilek, sakit tenggorokan, dan infeksi pernapasan.
Air membantu melonggarkan lendir lengket. Seorang spesialis paru mengatakan bahwa lendir yang lengket akan ikut larut dalam air yang diminum.

6. Air mengurangi mulas.
Mengambil 2-3 teguk air setiap 20 menit bisa membantu menyiram asam lambung.

7. Air mencegah sembelit dan komplikasinya.
Terlalu sedikit air dapat menyebabkan wasir dan diverticulosis, penyakit usus besar. Minumlah air yang banyak (cukup) dan makan sayuran untuk melunakkan kotoran.

8. Air membuat Anda tetap konsentrasi dan energik.
Ketika mengalami mengalami dehidrasi, darah akan ”mengental”. Hal ini membuat lebih sulit bagi darah untuk beredar. Akibatnya, otak dapat menjadi kurang aktif dan Anda dapat merasa bingung dan lelah. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa air dapat membantu menyembuhkan sakit kepala migrain.

9. Air membantu mengurangi berat badan.
Dengan minum satu atau dua gelas air sebelum makan, akan mengurangi jumlah makanan yang diambil karena akan merasa kenyang. Air memiliki nol kalori dan tidak akan membuat gemuk.

10. Air membuat kulit halus dan lembut.
Ketika dehidrasi, mata akan sedikit cekung dan kulit akan keriput. Maka ketika minum air kulit akan kembali normal, halus dan lembut.

10 Cara Yang Benar Munum Air:

1. Minum air ketika Anda bangun.
Ketika tidur, tubuh kita akan kehilangan banyak air. Jadi minumlah segelas air sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Secara alami, haus akan terasa setiap kita bangun tidur (pagi2. Minum air di pagi hari membantu mengeluarkan racun yang telah terakumulasi sepanjang malam.

2. Minum 8-12 gelas per hari.
Menurut Mayo Clinic, manusia membutuhkan 8-12 gelas air per hari. Dr Robert Tanchanco mengatakan bahwa kita harus memonitor warna urin. tapi, maksimum minum 16 gelas air per hari

3. Minum sedikit demi sedikit sepanjang hari.
Adalah lebih baik untuk minum air sepanjang hari daripada minum dua gelas sekaligus. Hal ini akan memperkecil tekanan pada jantung (terutama jika Anda memiliki penyakit jantung) dan memberikan tubuh lebih banyak waktu untuk menyerapnya.

4. Jangan tunggu sampai haus untuk minum air.
Pada saat kita merasa haus, kita mungkin sudah kehilangan 2 -4 gelas air di bwah kebutuhan normal tubuh.

5. Minum air putih, bukan minuman soda (softdrink), alkohol atau kopi.
Beberapa ahli percaya bahwa teh, soda dan kopi bisa berpotensi dehidrasi. Selain itu, fosfor tinggi dan kadar gula dalam minuman cola dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis dan diabetes. Satu studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang minum enam cangkir kopi setiap hari mengalami dehidrasi ringan. Minum alkohol jauh lebih buruk karena sebenarnya terjadi dehidrasi dan akan membuat sering kencing

6. Melatih anak untuk minum air.
Biasakan kepada anak2 untuk minum air putih sejak dini. Pastikan bahwa anak-anak minum air yang cukup ketika mereka sedang aktif. Sebagai contoh,sertakan satu botol (600ml) air putih dengan kotak makan siang mereka.

7. Minum lebih banyak ketika (di daerah) panas.
Masyarakat yang tinggal di daerah seperti jakarta atau Surabaya hendaknya peduli dengan kondisi ini. Orang2 yang tinggal di daerah panas seperti ini cenderung berpotensi mengalami batu ginjal.

8. Minum lebih banyak ketika berolahraga.
Ketika berolahraga, minumlah air lebih banyak untuk menggantikan hilangnya cairan. Minumlah 500-600 ml air untuk waktu olahraga 1 jam.

9. Minum lebih banyak bila ketika sakit.
Meskipun malas dan mual, kita benar-benar harus minum lebih banyak air untuk membantu tubuh cepat pulih dari berbagai infeksi. Jika kita mengalami dehidrasi, kita akan merasa jauh lebih buruk dan akan bertambah sakit.

10. Minum lebih banyak untuk wanita hamil.
Wanita yang sedang hamil atau menyusui membutuhkan cairan untuk tetap terhidrasi. Institute of Medicine merekomendasikan bahwa wanita hamil minum 10 gelas sehari-hari dan wanita yang menyusui mengambil di 13 gelas sehari.

Sumber: Manfaat dan Cara Yang Benar Minum Air Putih

One response to this post.

  1. Terima kasih atas informasinya, jadi makin tahu bagaimana mengoptimalkan konsumsi air putih

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: