Jembatan Selat Sunda (kebesaran teknologi Indonesia)

saya barusan membaca salah satu artikel yang berisi tentang rencana pembuatan jembatan di selat sunda…wah kalau misalkan jadi di buat keren juga nih jembatannya bisa jadi kebanggaan kita nih, jangan cuma korupsi doang yang di banggakan..hihiii…coba aja kalau indonesia membuat jembatan dari Bandung Ke Belitung, aku bisa tiap minggu pulang ke rumah…heheee…😀

untuk lebih jelasnya langsung saja anda baca di bawah ini:


  • Jembatan Selat Sunda

Jembatan selat sunda akan dibangun melintasi selat sunda yang menghubungkan antara pulau Jawa dan pulau Sumatra

kalau ini dapat terealisasikan, jembatan ini akan menjadi jembatan terpanjang di dunia. Jembatan rencananya akan berada pada 70 meter di atas permukaan laut, dan melewati tiga pulau-pulau kecil di selat itu, yaitu Pulau Prajurit, Ular, dan Sangiang. Ini merupakan jembatan dengan panjang 29 kilometer yang akan menjadi jembatan terpanjang di dunia.

Salinan makalah Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Mohamad Wahid Supriyadi menyatakan, sebagai jembatan terletak di daerah rawan gempa bumi dan tsunami, pembangunan jembatan akan mencakup empat tahapan penting yang melibatkan hydrographic, oceanographic, geologi, seismological, keikliman, dan aspek lingkungan.

“Para ahli mengatakan secara teknologi, jembatan itu layak. Meski daerah ini rawan dengan gempa lebih dari tujuh pada skala Richter yang menyebabkan tsunami,” kata Wahid dalam makalah yang disampaikan kepada Deputi Perdana Menteri Uni Emirat Arab di Abu Dhabi, 21 Juli 2008.

“Mahalnya jembatan tak akan berarti bila dibandingkan dengan keselamatan.” Rencananya, pembangunan jembatan ini akan menghabiskan dana Rp 100 triliun dan Rp 500 miliar per tahun untuk operasional jembatan itu. serta jembatan ini akan dilengkapi dengan rel kereta yang membentang di sepanjang jembantan.

Bila tak ada halangan jembatan ini akan dibangun pada tahun 2012 dan selesai tahun 2025

  • Insinyur Jemabatan Selat Sunda


Pria ini bernama Prof Dr Ir Wiratman Wangsadinata yang merupakan lulusan dari ITB tahun 1960. Kemudian mendapat gelar doktor pada 1992 dan gelar profesor pada 1995.

Proyek beken yang pernah dikerjakan laki-laki kelahiran Jakarta 1935 ini, antara lain Kota BNI yang pernah menjadi gedung tertinggi di Indonesia. Gedung-gedung perkantoran lain seperti, Bakrie Tower, Anggana Danamon (kini Sampoerna Strategic Square), Niaga Tower, Wisma Darmala, dan PSP Office Tower.

Di pembangunan hotel dan apartemen, Wiratman merancang Four Seasons Residential Apartments, Mal Ciputra, dan Hotel Aryaduta.

Wiratman juga perancang Pembangkit Listrik Tenaga Air Mrica, Banjarnegara, PLTA Merangin, PLTA Kusan, dan Pembangkit Gresik.

Yang tidak diduga, Wiratman juga perancang Telecommunication Tower dan Menara Jakarta. Menara Jakarta akan menjadi tower tertinggi di dunia dengan ketinggian 558 meter.

Dari hasil kajian yang dilakukan di Bangungraha, pembangunan jembatan sepanjang 29 kilometer ini sedikitnya akan menelan biaya Rp 100 triliun. Lama pembangunan diperkirakan mencapai 10 tahun

  • Gambaran Jembatan Selat Sunda










sumber: kaskus.us

2 responses to this post.

  1. Posted by handiq masturi on Juni 17, 2010 at 7:03 am

    semoga pengerjaanya cepat rampung n akan menjadi line mark indonesia, makin bangga ini jadi orang indonesia, byar gak di ejek trus ama orang “malon” (Malaysia),,,, yang hanya bisa banggain menara” kondom” kembarnya itu he..he..he.. Sori pak coz gw ru aja debat ama orang malaysia tentang Jakarata VS kL…….
    hidup indonesia…… byar kita menjadi bangsa yang dihargai

    Balas

    • Amin2..semoga ini bukan hanya sekedar rencana doang, dan kalaupun misalkan jadi di bangun, mudah-mudahan uang untuk membangun jembatan ga di korupsi..hehee..😀
      waduh seenak aja tuh orang “malon” menjelek-jelekan negara kita… Santai bro, ntar juga negara kita bakal bisa lebih maju dari “malon”, tapi ga tau kapan… setidaknya kita membangunnya harus di mulai dari kita sendiri dulu..

      Hidup Indonesia..!!..

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: