Pasukan-Pasukan Elit Dunia (Kopassus Merupakan No 3)

Pasukan elite adalah satuan militer yang dibentuk dan dilatih untuk melakukan misi perang non-konvensional, anti-teroris, pengintaian, aksi langsung, dan pertahanan luar negeri. Pasukan khusus biasanya terdiri dari kelompok kecil yang sangat terlatih, yang dipersenjatai dengan senjata khusus, yang bekerja secara mandiri, dan dengan kerja sama yang dekat.
Proses seleksi masuk pasukan elite sangat sulit, dan biasanya pelatihannya melebihi dua tahun. Beberapa misi juga membutuhkan pelatihan sendiri. Karena tugas pasukan elite biasa secara diam-diam dan berhubungan dengan informasi rahasia, para calon anggota pasukan elite diharuskan melewati proses pengujian yang berat.

Discovery Channel edisi militer menyiarkan pasukan elit terbaik dunia. Pasukan-pasukan elit dari seluruh dunia diukur kemampuannya dari performa dan keahliannya (bukan dari teknologi militernya).

dimana para ahli dan analis militer dari seluruh dunia diundang untuk memberikan penilaiannya. Berikut adalah 5 Pasukan Elit teratas di Dunia:

1. Inggris


SAS (Special Air Service) adalah resimen pasukan elite dalam Angkatan Darat Inggris yang pernah menjadi model bagi pasukan elite dari negara-negara lain. SAS membentuk bagian signifikan Pasukan Khusus Kerajaan Inggris Special Boat Service (SBS), Special Reconnaissance Regiment (SRR), dan Pasukan Special Support Group (SFSG).

2.Israel


Mossad (HaMossad leModi’in uleTafkidim Meyuchadim) bertanggung jawab atas pengumpulan intelijen dan operasi-operasi rahasia termasuk kegiatan paramiliter. Ini adalah salah satu entitas utama dalam Komunitas Intelijen Israel, bersama dengan Aman (intelijen militer) dan Shin Bet (keamanan internal), tetapi direktur melapor langsung kepada Perdana Menteri. Peran dan fungsi yang sama dengan Central Intelligence Agency (CIA) dan Secret Intelligence Service (SIS).

3.Indonesia


Kopassus adalah pasukan elite Angkatan Darat Indonesia. kelompok yang melakukan misi operasi khusus bagi pemerintah Indonesia, seperti tindakan langsung: konvensional perang, sabotase, kontra-pemberontakan: kontra-terorisme, dan pengumpulan intelijen.

4.Rusia


Spetsnaz (Bahasa Rusia: спецназ; Войска специального назначения – спецназ; Voiska spetsialnogo naznacheniya) adalah istilah umum untuk “pasukan khusus” dalam bahasa Rusia. Pasukan khusus Rusia tersebut dapat secara khusus mengacu ke setiap elit atau unit Spetsnaz di bawah subordinasi Dinas Keamanan Federal (FSB) atau Rusia Pasukan Internal Departemen Dalam Negeri, dan unit dikontrol oleh dinas intelijen militer GRU.
5.Perancis

Satuan Intervensi Gendarmerie Nasional, secara umum disingkat GIGN (bahasa Perancis: Groupe d’Intervention de la Gendarmerie Nationale), adalah satuan elite kontra-terorisme dan penyelamatan sandera Gendarmerie Perancis, merupakan bagian dari pasukan militer, bukan polisi. Terdiri dari 120 orang, termasuk 11 pimpinan bertugas.
Wah..keren yach Kopassus masuk no 3, jadi ada yang bisa di banggakan dari bangsa tercintaku ini. Mungkin ada yang heran kenapa pasukan elit Amerika tidak termasuk 3 besar bahkan lima besar??. Menurut nara sumber itu dikarenakan mereka sangat bergantung pada peralatan dan perlengkapan militer berteknologi digital. Menurut analis militer lagi, sebuah pasukan elit haruslah memiliki skill individual yang bagus seperti menyerang, bertahan, penyamaran, strategi, ketahanan, gerilya, membuat jebakan, dan lain sebaginya. Dikatakan lagi bahwa satu prajurit Kopassus setara dengan lima orang prajurit biasa.

Fakta tentang Kopassus:
1.Kopassus memenangkan kejuaraan sniper menggunakan senjata buatan Indonesia
2.Kopassus menduduki peringkat ke dua dalam pelaksanaan Strategi Operasi Militer.
3.80% pelatih militer negara-negara di Afrika utara berasal dari Kopassus
4.Pasukan khusus kamboja dilatih sejak lama oleh Kopassus
hmm, btw kopassus bisa ga ya ngalahin tentara yahudi  israel??..aku bener2 ga suka dengan cara yahudi israel yang semena-mena menghabiskan nyawa saudara-saudaraku di palestina!!..argh….
aku di sini hanya bisa berdoa, semoga saudara-saudara ku di sana baik-baik saja..segala sesuatu yang terjadi memang atas kehendak-Nya, aku yakin dengan apa yang telah di berikan dan di takdirkan oleh Allah SWT adalah yang terbaik…Aminn…berjuang para Saudaraku di Palestina…Allah akan selalu bersama kita…
Bonus:
aku kasih juga nih pasukan elite negara lainnya:
1. AS

*U.S. Navy SEAL (The United States Navy Sea, Air and Land) adalah pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat, yang disiapkan untuk melakukan operasi tempur non konvensional, pertahanan dalam negeri, serangan langsung, kontra terorisme, dan operasi khusus lainnya.
Mereka yang terpilih menjadi anggota Navy SEAL dilantik setelah menyelesaikan pendidikan dasar Basic Underwater Demolition SEAL (BUD/S) dan program khusus yang disebut SQT (SEAL Qualification Training), baru kemudian berhak menyandang bed khusus the SEAL Trident. Bed ini merupakan tanda pengenal buat anggota SEAL dalam pertempuran bersama dengan unit pasukan khusus lainnya.
Pendidikan BUD/S berlangsung selama 6 bulan. Setelah menyelesaikan pendidikan ini, kandidat Navy SEALs juga akan memperoleh wing terjun. Kandidat yang lulus pendidikan ini otomatis akan melanjutkan ke program SQT selama 15 minggu.


*SANGAT rahasia dan masuk jajaran top secret satuan counter terrorist AS. Bersama Naval Special Warfare Development Group (US Navy SEAL), merupakan satu dari dua terbaik pasukan elite yang dimiliki AS.
Delta Force sering dirancukan dengan Delta Project (Detasemen B-52) yang pernah dibentuk oleh AD AS semasa perang Vietnam 1960-an.
Delta Force yang sekarang dibentuk setelah naiknya aksi terorisme pasca 1970-an. Dibentuk 19 Nopember 1977 oleh Kolonel Charles Beckwith.Delta beroperasi dalam tim kecil dua – empat orang. Penugasannya berkisar pada operasi gerilya, pembebasan sandera, antiteroris.

2. Australia

The Special Air Service Regiment,secara resmi dikenal sebagai SASR dan sering disebut sebagai SAS adalah sebuah pasukan khusus unit Angkatan Darat Australia . Meskipun dimodelkan pada SAS Inggris, resimen juga mengacu pada pengalaman Perang Dunia II Australia pengintaian khusus dan komando unit, khususnya Unit Khusus Z.SASR saat ini memiliki tiga skuadron pedang, yang dikenal sebagai 1 Skuadron, 2 dan 3 Skuadron Skuadron.
3. Jerman

GSG-9 der Bundespolizei (sebelumnya GSG-9 adalah kependekan dari Grenzschutzgruppe 9, Penjaga Perbatasan, Grup 9) adalah unit taktis operasi khusus anti-terorisme elit dari kepolisian Federal Jerman. Unit ini dianggap sebagai salah satu unit khusus terbaik di dunia. Banyak unit-unit anti-terorisme negara-negara lain dibentuk menurut model GSG-9 ini. Unit Sat-81 Gultor dari Kopassus dibentuk berdasarkan bimbingan dari GSG-9.
4. Kolombia

The Agrupación de Fuerzas Especiales Antiterroristas Urbanas ( “Urban Kontra-Terorisme Pasukan Khusus Grup”, AFEUR) adalah unit elit Angkatan Darat Kolombia, misi utamanya adalah untuk melakukan operasi kontra-teroris dan penyelamatan sandera berdasarkan stealth, kejutan dan tim kerja .
Perlindungan VIP tugas lain unit ini. Misalnya, mereka melindungi Presiden Kolombia ketika ia bepergian, dan memberikan perlindungan bagi Presiden Bill Clinton (kelompok Angkatan Darat) dan Presiden George W. Bush kunjungan ke Cartagena, pada tahun 2000, 2004 masing-masing. Mereka juga menyediakan keamanan untuk Presiden Bush berkunjung ke Bogota pada tahun 2007.
5. Kanada

Joint Task Force 2 (JTF2) adalah unit Pasukan Kanada yang bertanggung jawab atas operasi kontra-teroris.
JTF2 menggambarkan misinya sebagai “render bantuan bersenjata dalam penyelesaian insiden yang mempengaruhi, atau memiliki potensi untuk mempengaruhi, kepentingan nasional Kanada.”
Sumber:

10 responses to this post.

  1. tapi yang lebih sangar pasukan elitenya Usamah bin Laden….terbukti kan???

    Balas

    • iya kali, terbukti dari serangan mereka ya…hehee..😀
      tpi kita tetep bangga la indonesia masuk 3 besar pasukan elit dunia(bukan dari teknologiny, tpi kemampuan individunya)..iya kan?

      Balas

      • Posted by hambali on Juli 15, 2010 at 7:31 pm

        ksatria nusantara.gagah keren sekaligus menakutkan lawan.
        di antara sekian pasukan elit asing hanya kopasus yang bisa menggetarkan lawan
        teruslah jaya kopasusku!!! kami bangga padamu

      • bener banged….
        setidaknya ada yang bisa kita banggakan dari negeri tercinta ini..
        Maju terus Indonesiaku!!….😀

  2. Posted by roberto on Juli 2, 2010 at 4:26 am

    jepang mana ya?
    klo jepang…..
    pling pasukan elitnya cma di Anime doang….

    Balas

  3. Posted by rya mizard R on Juni 2, 2011 at 4:25 pm

    grade

    Balas

  4. Posted by gilang on Juli 8, 2011 at 1:48 pm

    SALAM KOMANDO……….. WAH…..WAH…..WAH….. KOPPASSUS buat bulu kuduk guwe merinding ni,bisa-bisa koppasuss jadi pahlawan ASIA ni. mana MALAYSIA kok ngak ada ya,pasukan khususnya.apa ngak ada tentarannya ya…… , apa ngak ada yang minat jadi pelatih pasukan khusus MALAYSIA ya,……..prajuritnya lemot si…….

    Balas

  5. Posted by eday on Februari 10, 2012 at 3:02 am

    malaysia ada pasukan khusus nya..
    nama nya GGK…
    kpanjangan dri Gerombolan-Gerombolan Kancut….hhaahahaaa…..

    hidup KOPASSUS

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: