Makanan Pencegah Stress

hmm… berbicara dengan stress sama saja berbicara tentang kehidupanku.. maklum aku tuh akhir- akhir ini suka stress sendiri karena di akibatkan oleh beberapa masalah yang menyerangku.. walaupun sebenarnya aku sendiri terkadang bisa mengatasinya, namun aku juga terkadang suka marah2 ga jelas.. jadi culcol gini.. hahaaa😛 maklum sekarang aku lagi strees mikirin blogku yang sampai saat ini masih belum normal kembali, di tambah tugas akhir yaitu skripsi yang ribetnya minta ampun ngurusin surat perizinan yang belum selesai sampai sekarang serta masalah2 yang ga jelas lainnya.. heheee

nah, buat anda yang suka stess seperti aku mungkin artikel ini bisa membantu mengurangi stress anda itu. yang akan aku bahas di sini yaitu mengenai makanan pencegah stress..Strees terkadang terkait dengan makanan lho. Bila ingin mencegah stress cobalah cara sederhana yakni mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

dari pada anda mendengar ocehanku yang ga jelas, mending langsung aja deh anda baca di bawah ini

7 Makanan Pencegah Stress:

1. Pepaya


Mungkin sebagian dari anda mengira pepaya hanyalah buah yang bermanfaat melancarkan pencernaan belaka. Jika anda berpikiran demikian, artinya anda salah besar. Pepaya ternyata mengandung nutrisi yang mampu menghentikan stres seseorang. Nutrisi itu mampu memancing produksi hormon anti stres dalam tubuh. Sebagai informasi, setengah pepaya mengandung 75 persen vitamin C lebih banyak dari jeruk.

Berdasarkan hasil riset Universitas Alabama, AS satu pepaya berukuran besar mengandung 200 mg vitamin C. Dengan jumlah kadar vitamin seperti itu, seekor tikus tidak akan mengalami stres selama dua hari.Kalau pepaya juga berkhasiat buat menghilangkan stres pada tikus, berarti bisa digunakan untuk menghilangkan stres pada manusia.

2. Teh Peppermint


Teh dengan daun mint direkomendasikan sebagai minuman yang mampu membuat anda jauh lebih fokus dan meningkatkan semangat kerja seseorang. Sejumlah riset mengungkap konsumsi teh pepermint selama perjalanan jauh membuat pengendara lebih tahan ngantuk dan tetap fokus. Bagi seseorang yang tidak menyukai teh mungkin bisa menggantinya dengan permen pepermint atau minyak pepermint.

3. Pumpkin Seeds


Makanan berikutnya yang ampuh mengatasi stres adalah biji labu. Bagi masyarakat Indonesia mungkin terlalu awam dengan biji labu sehingga jarang sekali mengkonsumsi labu. Padahal labu terutama pada bijinya mengandung magnesium tinggi. Perlu diketahui, tubuh membutuhkan magnesium dalam jumlah besar. Sayangnya, hanya 30 persen dari magnesium yang dipenuhi. Akibatnya, resiko gejala stres seperti sakit kepala, cemas, tegang, kelelahan, insomia, gelisah dan tekanan darah tinggi.Seperempat mangkuk biji labu, mampu memenuhi setengah kebutuhan magnesium dalam sehari.

4. Alpukat


Alpukat bukanlah buah yang berasa manis ketika dikonsumsi. Meski demikian, alpukat memiliki kandungan lemak sehat dalam setiap dagingnya. Selain lemak sehat, alpukat jugamengandung potasium terbilang tinggi. Bahkan kandungan potasium apukat lebih tinggi ketimbang pisang.

5. Salmon


Bagi penyuka sajian ikan tentu paham dengan kandungan gizi yang terdapat dalam daging ikan Salmon. Salah satu kandungan gizi yang cukup esensial dari ikan salmon adalah omega-3. Berdasarkan sebuah studi, daging salmon juga mengandung protein tinggi, trifopan. Satu filet salmon memiliki sebagai triptofan sebanyak yang Anda butuhkan dalam satu hari. Kandungan tripofan inilah yang obat stres yang ampuh.

6. Kacang Almond


Kacang almond mengandung LDL yang baik untuk jantung. LDL ini akan memerangi 10 % kolesterol jahat apabila dikonsumsi secara teratur. Ia juga menurunkan resiko serangan jantung, kanker serta membuat Anda awet muda. Beberapa studi yang pernah dilakukan, almond juga baik untuk diet lantaran kandungan sertnya yang cukup tinggi. Almond juga mengandung karbohidrat yang bisa mengenyangkan perut bila dikonsumsi. Almond juga kaya akan protein, yang tentunya sangat baik untuk pertumbuhan kuku, kulit, dan rambut. Kandungan kalsium dalam Almond cukup tinggi. Karena itu, kacang almond bisa memperlancar peredaran darah dan menjaga kestabilan liver. Tak ketinggalan, Almond juga mengandung vitamin E. Perlu diketahui, vitamin E sangat memicu tubuh memproduksi hormon anti stres.

7. Havermut


Efek biokimia dari stres adalah kehabisan stok serotonin, hormon yang membuat Anda merasa sejuk, tenang, dan terkendali. Salah satu strategi utama untuk meningkatkan serotonin kembali ke tingkat yang sehat adalah meningkatkan asupan karbohidrat. Sebaliknya, untuk memperlancar produksi serotonin, konsumsilah makanan kaya serat seperti gandum. Lambatnya pencernaan makanan menyebabkan produksi sorotonin stabil dan mencegah naiknya gula darah yang mengakibatkan perubahan suasana hati dan nafsu makan.

sekian dan terima kasih… semoga materinya bisa bermanfaat untuk anda semua..😀

Sumber: Makanan Pencegah Stress

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: